Minggu, 23 Februari 2014

Intranet


Secara harfiah, kata intranet terbagi menjadi dua bagian yaitu intra yang berarti “di dalam” dan net yang berarti “jaringan” (komputer). Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa intranet adalah jaringan komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu organisasi. (Kurniadi, 1998)
Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP), untuk saling berbagi informasi antar pengguna dalam batasan suatu jaringan lokal.
Dalam sebuah komunitas yang terbatas seperti perusahaan, banyak pegawai/user dapat bekerja bersama-sama secara mudah dan efektif. Salah satu alternatif teknologi yang dapat diimplementasikan adalah intranet. Fungsionalitas dan kinerjanya sangat mendukung pola/sistem kerja yang cepat. Pada dasarnya intranet menggunakan teknologi internet. Perbedaannya hanyalah penggunaan firewall bagi jaringan lokal yang terkoneksi ke internet, untuk melindungi aset sistem informasi dari serangan pihak luar.

Pada dasarnya yang terjadi pada intranet adalah interaksi antara client (komputer milik pengguna) dan server (komputer pusat yang mengendalikan intranet). Komputer client digunakan oleh para pengguna untuk mencari informasi, memasukkan data, dan berkomunikasi antar pengguna. Sedangkan server adalah komputer yang melayani segala aktivitas yang dilakukan oleh client tersebut, mencari informasi yang diminta, mengolah data yang dikirim, serta mengatur hubungan komunikasi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar