Selasa, 25 September 2012

Membangun Jaringan Nirkabel menggunakan Wireless Router WRT54GL dengan mode BSS

Melanjutkan posting sebelumnya sekilas tentang Wireless Router Linksys WRT54GL, kali ini penulis akan membahas tentang membangun jaringan nirkabel menggunakan Wireless Router Linksys WRT54GL dengan mode BSS.

Berikut langkah-langkah instalasi jaringannya :
  1. Pertama siapkan alat yang diperlukan, yaitu : Wireless Router Linksys WRT54GL + adapter, UTP Straight cable, PC atau laptop untuk konfigurasi, dan beberapa PC atau laptop dengan wireless adapter sebagai client.
  2. Nyalakan PC sebagai console, dan lakukan konfigurasi IP Address sesuai dengan network IP Network dari Linksys WRT54GL.
  3. Buka browser, misal: google chrome. Kemudian pada kolom http:// ketikkan IP default : 192.168.1.1 . Muncul dialog seperti gambar dibawah, isikan username : admin dan password : admin .


    4.  Setelah masuk ke sistem lakukan konfigurasi :
  • Internet Setup - Set Static IP WAN
Untuk memudahkan konfigurasi, sebaiknya IP port WAN diset secara statik. Pemberian IP Statik untuk port WAN ini tentu disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Misalnya untuk koneksi yang menggunakan ADSL Router Speedy biasanya IP ADSL Router tersebut 192.168.1.1 dengan subnet mask 255.255.255.0 sehingga untuk IP WAN Linksys kita set misalnya 192.168.1.100 dengan subnet mask sama yaitu 255.255.255.0 dan gateway serta DNS diarahkan ke IP ADSL Speedy yaitu 192.168.1.1
  • Network Setup - Set IP Linksys dan DHCP server

Langkah selanjutnya adalah memberikan IP local pada Linksys Router, dalam contoh ini misalkan 192.168.1.1 dengan subnet mask 255.255.255.0. Kemudian Enable fitur DHCP Server agar nantinya wireless client yang terhubung ke akses point mendapatkan IP dari Linksys secara dinamik. Tentukan starting IP address dan maksimal user yang bisa dapat DHCP. 



  •  Set Wireless SSID

Untuk mensetting wireless SSID dari access point kita, klik tab Wireless - Basic Wireless Seting. Pada Wireless Network Name (SSID) isi dengan SSID yang dikehendaki kemudian enable Wireless SSID Broadcast.


  • Set Wireless Security
Klik tab Wireless Security, tentukan jenis enkripsi (Disable,WPA, WPA2, atau WEP) dan password (key) untuk melindungi Access Point kita.
  • Setiap melakukan perubahan jangan lupa klik Save Setting.



Pengujian Wireless Router Linksys WRT54GL
  • Pada Laptop client buka Network Connection melalui menu Control Panel, kemudian pilih Connect to a Network --> pilih Nama SSID dari AP (misal : kel-satu) --> dan Connect.



  • Apabila sudah terkoneksi, buka Wireless Network Connection Status --> pilih Details untuk melihat IP Address yang diperoleh Laptop client.
 
  • Agar lebih yakin, lakukan perintah ping ke gateway wireless ( ping 192.168.1.1 ) melalui aplikasi command prompt pada windows. Apabila "Reply" maka client telah terkoneksi dengan AP wireless, tetapi apabila "Request Time Out" maka terjadi kesalahan saat konfigurasi, dan sebaiknya lakukan pengecekan ulang.

 
  • Kemudian apabila kita (sebagai Admin ) ingin mengetahui siapa saja yang terhubung dengan Wireless Router WRT54GL, buka Tab Status --> pilih Local Network --> pilih DHCP Clients Table, maka akan tampil gambar dibawah ini.

   

Sekian.. Dan Semoga Bermanfaat ^__^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar