Jumat, 14 September 2012

MEMBANGUN KONEKSI JARINGAN NIRKABEL MENGGUNAKAN MODE AD-HOC

Wireless network atau Jaringan nirkabel adalah sistem yang digunakan dalam komunikasi antar sistem komputer dan berbagai macam peralatan teknologi informasi yang tidak menggunakan kabel yang menghubungkan antara peralatan dengan lainnya.
Secara umum terdapat 2 jenis konfigurasi untuk jaringan berbasis WLAN, yaitu: Ad-hoc dan infrastruktur. Pada artikel ini akan mengulas tentang konfigurasi jaringan nirkabel menggunakan mode Ad-hoc. Pada mode Ad-hoc, komunikasi antara satu perangkat komputer satu dengan yang lain dilakukan secara spontan/ langsung tanpa melalui konfigurasi tertentu selama sinyal dari Access Point dapat di terima dengan baik oleh perangkat-perangkat komputer di dalam jaringan ini. Implementasi mode Ad-hoc digunakan untuk wilayah yang terbatas. Pada konfigurasi ini, semua perangkat harus tetap berada dalam lingkungan dengan radius sekitar 300 kaki ( 100 meter ). Untuk membentuk jaringan komputer nirkabel mode Ad-hoc, diperlukan dua unit/lebih PC atau Laptop dengan WLAN adapter. 
Berikut adalah langkah-langkah konfigurasi membangun jaringan nirkabel menggunakan mode Ad-hoc pada sistem operasi Windows 7:
1.         Nyalakan PC atau Laptop dan aktifkan Wireless Adapter, kemudian klik Startmenu dan pilih menu Control Panel.

2.       Pada tampilan Control Panel, pilih dan klik “Network and Internet”.


     3.   Tampil gambar seperti dibawah ini, kemudian pilih dan klik “Network and Sharing Center”.


       4.   Pada dialog Network and Sharing Center, pilih “Set up a new connection or network”.


5.   Pada “Set Up a Connection or Network”, pilih “Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network” kemudian pilih Next.

6.      Pada dialog “Set Up an Ad Hoc Network”, kolom Network Name ketikkan nama alias untuk SSID sebagai tanda pengenal perangkat WLAN misalkan : Cintia-TK2C. Pada kolom Security type, pilih “No authentication” supaya perangkat lain dapat mudah terhubung dengan perangkat kita.  Apabila jaringan ingin diproteksi menggunakan password, pilih mode WEP / WPA2-Personal. Kemudian pilih Next.


      7.  Tunggu hingga proses selesai. dan koneksi Ad-hoc telah siap digunakan. Kemudian pilih “Close”.



 Sharing File dalam Jaringan Ad-Hoc


1.       Buka dialog “Network and Sharing Center” pilih Connect to a network. Kemudian muncul dialog dibawah ini, pilih salah satu jaringan Ad-Hoc misal: TK2C-22.


2.  Karena jaringan dilindungi dengan WEP, masukkan security key yang diberikan dan klik OK.


            3.    Apabila sudah terhubung maka jaringan akan berstatus “ Connected “.


     4.  Selanjutnya untuk mengetahui user mana saja yang terhubung dengan jaringan TK2C-22, buka Windows Explorer kemudian pilih tab Network akan muncul computer name pada perangkat PC atau Laptop user.


    5.   Untuk mengetahui apakah kita dapat berkomunikasi dengan salah satu user yang terhubung dalam jaringan Ad-Hoc dengan meng-klik salah satu user ( misal: DETA ). Apabila dapat terbuka seperti gambar dibawah ini dimana pada user DETA terdapat folder yang disharing.


Semoga bermanfaat bagi teman-teman ^_^



1 komentar:

  1. saya udah coba membuat jaringan ad hoc tapi smpe saat ini saya belum berhasil menggunakannya. di karenakan laptop (client) itu berstatus unidentivied network!! adakah solusinya jika ada tolong bls ke email saya yusrin.suzuran@gmail.com

    BalasHapus